BUKU PR: ADAPT OR DIE! HUMAS HARUS ADAPTIF JIKA TIDAK INGIN LENYAP!

-Trend & Solusi agar Humas sukses di Era AI, Robot & Adaptasi Kebiasaan Baru

 

“I can’t go back to where I used to be… A whole new world” – Lirik lagu Aladdin

(Jakarta – MPI, 20 Januari 2021): Bisa dikatakan, Agung Laksamana, selain kesehariannya sebagai Director Corporate Affairs di APRIL Group dan Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS), Ia adalah seorang penulis PR yang aktif. Buku PR Adapt or Die! adalah buku Agung yang ke empat ia terbitkan.

Membuka bab pertama dengan judul A whole new world ! Ia mengutip lirik lagu dari animasi Aladdin. Lirik ini relevan di tahun 2020 ini karena kita telah berada di era A Whole New World (sebuah dunia yang baru) katanya.

Buku Adapt or Die!Navigating the new world of PR! mengupas fenomena perubahan lanskap dunia PR baik dari aspek Artificial Intelligence (AI), Robot, era baru jurnalisme, hoaxes, fakenews serta era Adaptasi kebiasaan baru.

Terbitnya buku ini waktunya pas dan relevan dengan kondisi sekarang! Pandemi telah mengubah tatanan bisnis, cara kita bekerja dan bersosialisasi. Buku ini ingin menitikberatkan pentingnya beradaptasi sebagai sebuah keharusan! Tidak bisa ditawar lagi oleh praktisi PR.

Judul Adapt or Die, terasa bombastis! Sepertinya sengaja diambil penulis karena melihat urgensinya PR untuk ber-Adaptasi dan berubah jika tidak ingin profesi ini hilang atau lenyap!

Realita saat ini, ada AI, Robot, new jurnalisme, influencers baru dan Covid-19 telah mengubah dunia. Lanskap industri PR termasuk praktisi PR dipaksa segera berubah secepat mungkin menyesuaikan diri dengan ‘dunia baru’ ini.

Penulis jelaskan sudah banyak profesi yang ‘tergerus oleh kemajuan teknologi’, salah satunya bisa jadi adalah PR. Kemunculan sosok-sosok ‘berpengaruh’ di media sosial membuka peluang sekaligus tantangan bagi praktisi PR. Kehadiran influencer, key opinion leader, SJW (Social Justice Warrior), buzzer, selebgram, selebtweet, dan lainnya telah mampu ‘menghimpun massa’ dan menyampaikan pesan tertentu untuk menjadi sebuah gerakan yang cukup masif di media sosial, bahkan di dunia nyata. Di sinilah titik argumen buku ini, di mana PR harus adaptif, jika tidak ingin obsolete bahkan lenyap.

Gaya tulisan Agung adalah bercerita. Buku ini ringkas terdiri dari 5 Bab dengan 135 halaman yang berisi kisah-kisah PR dan insights dari berbagai sumber.

Buku ini mendapat apreasiasi diantaranya dari Menteri Sekretaris Negara, Prof. Dr. Pratikno dan juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyatakan buku ini relevan dengan trends dan kompleksitas dunia Komunikasi saat ini!

Sandiaga Uno, nyatakan – “Menghadirkan perspektif dan trends yang perlu diperhatikan praktisi PR. Dunia PR harus segera beradaptasi jika tidak ingin hilang ditelan perubahan.”

Suryopratomo, Duta Besar Indonesia untuk Singapura menyatakan, “Selama bisa menjaga Trust dan Relationship dengan stakeholders, PR akan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Agung membeberkan resep aplikatif untuk menjadi PR yang mumpuni!”

Prof. Dr. Arif Satria, Rektor Univ. IPB juga menyatakan “Storytelling menjadi kekuatan dari buku ini. Pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai praktisi PR yang dicampur dengan kisah sehari-hari membuat buku menjadi bacaan wajib praktisi PR!”

Sihol Aritonang, Chairman of Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) juga menyatakan bahwa buku ini menghadirkan new shocking realities dunia PR sekaligus mengajak praktisi untuk merangkul kompleksitas agar PR tetap kontinyu memberikan values!

Juga oleh Bapak Hermawan Kartajaya – Founder & Chairman dari Markplus, Andy F Noya – Founder Benihbaik.com, Tony Wenas- CEO Freeport Indonesia , Prita Kemal Gani- founder LSPR dan tokoh-tokoh lainnya.

Pada bab akhir, Agung lontarkan pertanyaan fundamental, apa yang tidak akan berubah dalam didunia PR dalam 10 tahun ke depan? Disinilah argumentasi Agung bahwa membangun Relationship dan Trust adalah kunci dan fundamental dari PR!

Buku ini akan mempersiapkan Anda dalam menghadapi, A whole new world of PR!

 

TENTANG PENULIS

Agung Laksamana, M.Sc., MCIPR, (Hon. FAPR) adalah Director Corporate Affairs APRIL GROUP, salah satu perusahaan pulp dan kertas terbesar dunia. Sebelum bergabung dengan APRIL, Agung meniti karier sebagai Director Country Corporate Affairs Head, Citibank Indonesia, Jakarta. Saat ini, Agung menjabat sebagai Ketua Umum PERHUMAS) & telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di posisi manajerial senior di beberapa perusahaan multinasional seperti Ogilvy, FourSeasons Regent Residences, Goodyear, HSBC Indonesia dan RGE Group. Lulusan dari Hays High School, memperoleh B.A & MSc dari Fort Hays St. University, Kansas, AS. Ini adalah buku ke Empat beliau dan sebelum buku ini, Agung telah menulis buku lain, yaitu : What CEO Wants from PR, PR in the Age of Disruption & Strategi Internal PR Penulis bisa dihubungi di:

IG @agunglaks

(Red Irwan)



Posting Terkait

Jangan Lewatkan