BANGGAI, MPI_Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, menekankan kepada Direksi PDAM Banggai yamg baru untuk berinovasi terhadap pelayanan dasar atas kebutuhan air masyarakat.
Hal ini disampaikannya saat rapat evaluasi kinerja Perumda, Senin (04/10), yang berlangsung di ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.
“”Pelayanan yang ada di PDAM harus terus ditingkatkan, terutamanya pelayanan terhadap para pelanggan. Direksi PDAM yang baru harus mampu berinovasi dalam rangka pelayanan dasar atas kebutuhan air masyarakat. Di kawasan perkantoran Bukit Halimun sampai KM 8 masih banyak yang belum tersentuh. Pelayanan continuitas terhadap para pelanggan terus diperbaiki sehingga masyarakat itu bisa merasakan air bersih,” tekannya.
Selain menyoroti pelayanan, Bupati Banggai juga berharap sistem pembayaran kedepannya tidak ada lagi yang berbentuk tunai.
“Harus ada inovasi dari perumda terkait sistem pembayarannya, diantaranya bisa menjalin kerjasama dengan bank-bank tertentu untuk pelayanan pembayaran,” lanjutnya.
Pada kesempatan ini, Bupati Banggai juga mengingatkan kepada Direksi PDAM Banggai mengenai keluhan masyarakat tentang pemutusan jaringan secara sepihak atau tiba-tiba harus diperbaiki.
“Harus ada pemberitahuan kepada masyaraka, jadi harus ada fungsi sosial yang dibangun di Perumda ini. Karena didalam suatu perusahaan harus diberlakukan manajemen yang baik, tidak boleh berjalan sendiri-sendiri. Perumda jangan hanya mencari keuntungan semata sebagai pendapatan daerah akan tetapi fungsi sosialnya jalan, masyarakat bisa terlayani, karena kebutuhan air termasuk pelayanan dasar. Bagaimana masyarakat bisa terlayani dengan baik, inilah yang akan kita perbaiki,” tutupnya.
Rapat evaluasi kinerja Perumda Banggai turut dihadiri Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M.; Sekda Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si.; Direktur dan Direksi PDAM Banggai, Kabag Ekonomi, Kabag Hukum, serta Kabag Prokopim.(dewi)