Syifa Fatimah Owner Arabellescarf Mempromosikan Produknya Di Jakarta Muslim Fashion Week 2024

Tangerang, 20 Oktober 2023 – Perhelatan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 yang sudah dibuka secara resmi oleh Jerry Sambuaga (Wakil Menteri Perdagangan) pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 yang akan digelar pada tanggal 19-21 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten.

Adapun perhelatan Jakarta Muslim Fashion Week tahun ini mengusung tema “Discover Indonesian Modest Fashion Excellence” menampilkan karya dari 214 desainer/jenama dengan sekitar 1.000 koleksi, serta perusahaan-perusahaan dari sektor pendukung lainnya, seperti kosmetika, tekstil dan garmen, alas kaki, tas, aksesori dan perhiasan, serta produk gaya hidup lainnya dan Kemendag menargetkan transaksi dagang sebesar USD 2,5 juta pada JMFW tahun ini. Selain pergelaran busana, JMFW juga menghadirkan pameran dagang serta penjajakan bisnis (business matching).

Ditemui awak Media Online yang berkesempatan mewawancarai Syifa Fatimah Owner Arabellescarf didalam acara JMFW 2024 menjelaskan bahwa Arabelle ini berdiri tepat 1 tahun yang lalu. September 2023 kita baru melangsungkan first anniversary di Jakarta Phinisi. Jadi kita naik kapal bersama costumer-customer, loyal customer dan beberapa influencer. Salah satu tamunya yaitu Mami Olla Ramlan. Awal mula saya membuat brand ini, basic saya dari entertain. Jadi kebetulan saya Putri Muslimah Indonesia 2017 yang di Indosiar, saya juara 1. Setelah itu saya main sinetron FTV dan banyak juga jadi model-model brand. Setiap produk yang saya pakai selalu ditanyain orang-orang. Banyak yang beli juga karena saya pakai. Kenapa saya tidak bikin sendiri, akhirnya terciptalah Arabelle yang produk-produknya terjaga kualitasnya. Kita juga ada produsen yang capable dan akhirnya terbentuklah Arabelle.

Terkait ekspor-impor, ini adalah acara JMFW 2024 banyak buyer-buyer dari luar negeri. Waktu itu tahun lalu Arabelle ikut JMFW 2023, Arabelle masih 3 bulan. Dapat dari Kementerian tribute dan datanglah banyak buyer dari lur negeri. Justru di 3 bulan pertamanya Arabelle punya outlet store di Malaysia. Kita sudah punya outlet store di Malaysia disaat di Indonesia kita belum punya outlet store karena saat ini masih online. Kita sudah ekspor ke Malaysia, kemarin kita dapat buyer dari India terus kalau ekspor masih ritel-ritel saja sudah kirim ke Jeddah, Dubai dan Korea. Bulan lalu juga September akhir kita menjadi delegasi Indonesia untuk ada di Korea Selatan. Jadi kita buka booth disana dan orang-orang Korea amaze banget sama produknya Arabelle yang desainnya itu hanya 1 di dunia karena kita desain sendiri. Disetiap produknya kita ada image dan brandingnya Arabelle juga.

Yang pertama kita masih diskon, scarf kita berkualitas bahannya. Desainnya juga baik, sekarang kita sudah masuk ke dress, scarve dan blues. Jujur kita tidak menggunakan TikTok shop karena TikTok lebih banyak ke menengah kebawah. Sedangkan produk Arabelle itu harus mikir beli karena harganya lumayan untuk dress saja kita hampir 1 jutaan, ada yang 700 ribu, 800 ribu. Di TikTok kita belum, palingan konten saja di TikTok. Kalau Shopee karena kita arahin saja dari Instagram. Tapi kita kebanyakannya kita ada branch, jadi Arabelle itu punya branch dan cabang di seluruh Indonesia. Jadi branch-branch itu yang jualan Arabelle. Branchnya sementara 1 tahun ini kita sudah ada 40 di Indonesia dan jualannya melalui toko online. Kantor pusat berada di Kudus, Jawa Tengah.

Terkait rencana pembukaan toko di Jakarta itu coming soon, inginnya tahun depan. Customer saya lebih ke scarves dan signature lainnya. Untuk Scarves harganya 285 ribu dengan rata-rata harga 200-400 ribuan. Jadi yang pertama aku ada mentor, mentor ini adalah orang yang sudah lama banget di bidang fashion. Kadang-kadang pemikiran kita itu tidak terlalu benar, kadang kita harus ada mentor buat memberikan wejangan-wejangan dan petunjuk bagaimana kalau aku ambil langkah. Sebenarnya kesulitannya itu saat membangun brand itu disaat tahun pertama pengennya aku menyediakan semua amunisi ternyata permintaannya lebih dari ekspektasi. Jadi caranya kita memenuhi demand itu agar struggling di Arabelle. Persiapannya untuk struggling itu kita harus lebih cepat lagi.

“Harapannya buat teman-teman generasi muda dan pemula jangan cepat menyerah. Jangan membatasi diri dan mencoba banyak hal, kalau tidak dicoba maka tidak akan tahu rasanya dan tantangan yang kita dapat. Harus keluar dari zona nyaman,” tutupnya Syifa.



Posting Terkait

Jangan Lewatkan