MEDIAPATRIOT.CO.ID – Jakarta, 25 Oktober 2023. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan menyelenggarakan kegiatan Penutupan Tahun Tematik Merek 2023 sekaligus Pencanangan Tahun Tematik Indikasi Geografis 2024 pada hari Rabu, 25 Oktober 2023. Acara tersebut dilaksanakan di Lapangan Merah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jl. H.R. Rasuna Said Kav 8-7, Jakarta Selatan. Disela-sela acara tersebut, rekan-rekan media berkesempatan mewawancarai Dirut PT. Sariguna Primatirta Tbk.
Melisa Patricia (Direktur Utama PT. SARIGUNA PRIMATIRTA. TBK) menjelaskan bahwa kita mendapatkan anugerah merek yang terbanyak untuk kategori 3 dimensi. Jadi PT. SARIGUNA PRIMATIRTA Tbk. itu di Cleo kita selalu melakukan inovasi. Jadi dari segi galon dan kemasan itu kita galon yang pertama yang mendapatkan paten juga galon dengan handle. Galon kita semua BPA Free jadi aman dan sehat untuk dikonsumsi seluruh masyarakat Indonesia. Kemudian dari kemasan botol kita juga banyak varian, kita ada botol dengan tutup kerucut klasik itu yang orange itu menjadi ciri khas kami. Tahun ini juga kita launching kemasan baru Cleo 3 dimensi itu kita ciptakan wave of purity. Jadi kalau lihat botolnya Cleo kalau diputar itu wave nyambung terus. Wave of purity itu melambangkan gelombang tanpa batas. Oleh karena itu kita mendapatkan award yang terbaik nomor 1 di kategori merk 3 dimensi yang terbanyak yang didaftarkan di Indonesia.
Ini spesial sekali karena tidak banyak perusahaan yang mendapatkan award ini. Saya dengar cuma 15, yang 3 bukan perusahaan jadi basicly hanya 12 perusahaan. Seluruh Indonesia dengan banyaknya merek yang terdaftar PT. Sariguna Primatirta Tbk. dapat itu suatu kebanggaan bagi kami. Saya sampai terbang dari Surabaya hari ini untuk datang ke Jakarta ke acara ini, besok jam 5 sudah balik ke Surabaya. Karena ini penghargaan suatu momment merek lokal Indonesia bisa menang melawan merek-merek asing lainnya. Jadi saya bangga banget karena Cleo itu lahir dari Warga Negara Indonesia. Jadi bangga dengan produk lokal, cinta lokal, sentuhan global tadi. Harapan saya kedepannya Cleo bisa global atau mendunia dan diekspor ke luar negeri.
Waktu kita develop Cleo ini di 5 tahun pertama kita juga rugi berdarah-darah. Jadi setelah 5 tahun baru merasakan hasilnya, kita sudah Tbk. sejak tahun 2017. Semakin kesini semakin membaik karena dengan Tbk. juga memicu kita untuk lebih baik lagi. Jadi tantangannya banyak banget karena di Air itu yang berat itu di cost of distribution dan innovation. Kalau kategori air minum dalam kemasan, Sariguna Primatirta itu telah melahirkan banyak produk yang inovasi di kategorinya. Misalnya yang tadi saya cerita itu salah satunya kita luncurkan pertama kali di dunia botol mini dengan kemasan teringan di dunia. Jadi botol mini kita itu mendapatkan award bukan cuma di Indonesia tapi kita teringan di dunia. Botol Cleo 220 ml itu yang kecil kita inovasi teringan di dunia. Kita ciptakan itu supaya ramah lingkungan.
“Harapan saya kepada pemerintah supaya mendaftarkan merek lebih mudah. Tidak harus antri selama 2 tahun. Kadang kita punya merek itu ide dari kami terkadang ditolak kami tidak tau alasannya. Harapan kami kalau memang mereknya itu unik belum ada dipasar, bisa dibantu yang kurangnya supaya kita lebih legowo. Kalau memang itu meniru pantasnya ditolak, kalau memang belum ada dan unik tolong diterima. Kalau bisa prosesnya lebih cepat,” harapnya Melisa.
Red Irwan