Buka Perkemahan Saka Wira Kartika, Dandim 0624/Kab Bandung : Dari Pramuka Lahir Pemimpin Bangsa.

Kab Bandung, MPN.

Dandim 0624/Kab Bandung Letkol Inf Tinton Amin Putra membuka secara resmi Perkemahan Saka Wira Kartika di Buper Ranca Cangkuang Gambung Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu, Jum’at (28/06).

Pembukaan ditandai dengan penyematan Brevet Saka Wira Kartika dan Brevet Siaga Tanggap kepada perwakilan anggota Pramuka.

Dandim 0624/Kab Bandung dalam amanatnya menekankan bahwa, perkemahan ini tidak hanya menambah kemampuan dan keterampilan anggota.

Tetapi juga membangun karakter yang berwawasan lingkungan sesuai dengan tema ‘Bersatu Dengan Alam Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter, Berwawasan Dan Peduli Lingkungan’.

Ditambahkan Dandim, Perkemahan Saka Wira Kartika tahun 2024 diikuti oleh 160 anggota Pramuka utusan dari 16 Koramil Jajaran, 15 orang Pembina dan 15 orang Pembimbing.

Para peserta akan diberikan materi 5 Krida, diantaranya Survival, Navigasi Darat, Mountenering, Tali Temali dan Penanggulangan Bencana ditambah dengan pengenalan senjata.

” Kegiatan ini juga membentuk dan mempersiapkan generasi muda sebagai pemimpin dimasa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, mempunyai akhlak mulia, ulet, pantang menyerah dan mempunyai inovatif serta pekerja keras demi mendorong kemajuan juga keberhasilan dalam mencapai cita cita bangsa,” ujar Dandim yang bertindak selaku Ka Mabisaka Wira Kartika tingkat Kodim 0624/Kab Bandung.

Pramuka Saka Wira Kartika lanjut Dandim, merupakan satuan karya Pramuka tempat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan serta keterampilan, sekaligus sebagai wadah untuk menanamkan kepedulian dan tanggung jawab dalam mengelola, menjaga dan mempertahankan juga melestarikan lingkungan untuk keberlanjutan generasi yang akan datang.

Menurut Dandim, perkemahan ini sebagai bentuk pembinaan Kodim 0624/Kab Bandung dalam meningkatkan wawasan, pengetahuan dan peran serta generasi muda dalam upaya pembinaan serta pengembangan kesadaran bela negara di bidang kepramukaan.

” Saya sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan demi suksesnya kegiatan positif ini, pelatihan kepramukaan diberikan sebagai upaya pembinaan yang akan menentukan nasib bangsa ke depan, sehingga sedini mungkin diberi pembekalan dan wawasan kebangsaan,” ujar Letkol Inf Tinton Amin Putra.

Dandim mengingatkan, dari adik adik Pramuka ini nanti akan melahirkan calon pemimpin bangsa yang memiliki prestasi dan dedikasi yang tinggi bagi masyarakat.

” Kegiatan Pramuka saka Wira Kartika ini modal utama untuk meraih kesuksesan dengan tetap berpegang teguh kepada Tri Satya dan Dasar Dharma Pramuka,” tutup Dandim.

Diakhir kegiatan, Dandim sebagai Ka Mabisaka Wira Kartika bersama Camat dan Para Pim Saka Wira Kartika tingkat Koramil melaksanakan penanaman pohon di sekitar Bumi Perkemahan.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar