Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Palangka Raya, Pemkot Palangka Raya Jalin Kerja Sama Dengan Poltekes Kemenkes

www.MediaPatriot.co.id

PALANGKA RAYA. Auditorium Poltekes Kemenkes Palangka Raya menjadi tempat diadakan acara seremonial penandatanganan kesepakatan kerjasama dan kuliah umum antara Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya dengan Poltekes Kemenkes Palangka Raya.

Kegiatan yang mengusung tema “Kebijakan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam Upaya Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kesehatan”, dihadiri oleh Pj Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo, Direktur Poltekes Kemenkes Palangka Raya Mars Khendra Kusfriyadi, serta jajaran lainnya. Dan ratusan mahasiswa Poltekes (01/07/2024)

Pj Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu dalam sambutannya menyatakan, bahwa penandatanganan kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi yang sudah terjalin antara Pemkot Palangka Raya dan Poltekes Kemenkes Palangka Raya.

“Kerjasama ini telah berjalan, dan hari ini adalah momen untuk menguatkan komitmen bersama serta memperjelas program-program yang akan dilaksanakan. Ini juga bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah dengan dunia pendidikan,” ujarnya di hadapan media.

Hera Nugrahayu menekankan bahwa sektor kesehatan adalah urusan wajib pelayanan dasar yang sangat penting bagi pemerintah dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Dengan kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, Kota Palangka Raya sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah, yang nantinya akan menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara, memiliki banyak sektor yang harus ditingkatkan, salah satunya adalah kesehatan.

“Saat ini, seluruh puskesmas di Kota Palangka Raya sudah terakreditasi. Saya juga berharap mahasiswa saat ini harus melek digitalisasi,” tambahnya.

Direktur Poltekes Kemenkes Palangka Raya, Mars Khendra Kusfriyadi, mengungkapkan bahwa sebagai perguruan tinggi di bidang kesehatan di Kalimantan Tengah, Poltekes Kemenkes Palangka Raya akan selalu berkontribusi sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu mendidik, melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Mahasiswa Poltekes Palangka Raya sebelum lulus akan melakukan praktek lapangan di puskesmas Palangka Raya dan rumah sakit. Selain itu, Poltekes Palangka Raya juga melakukan penelitian untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Mars Khendra Kusfriyadi berharap dengan perjanjian kerjasama ini dapat menguatkan sinergitas dan kolaborasi antara Pemkot Palangka Raya dengan Poltekes Kemenkes Palangka Raya.

“Kebijakan Pemkot Palangka Raya dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) menekankan pentingnya memiliki sumber daya kesehatan yang kompeten dan berkualitas untuk mewujudkan kesehatan yang optimal. Upaya peningkatan kapasitas SDM merupakan langkah strategis yang tidak hanya berdampak pada pelayanan kesehatan tetapi juga pada penguatan kualitas hidup di kota ini.”pungkasnya mengakhiri wawancara. (A.Rafie)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar