DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI UPACARA PERINGATAN HUT KE-63 KOMANDO LINTAS LAUT MILITER TAHUN 2024

 

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-63 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) tahun 2024 dengan inspektur upacara (Irup) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dihadiri Pangkolinlamil dari masa ke masa, dan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali, bertempat di lapangan M. Silam Mako Kolinlamil Jl. Raya Pelabuhan Pos I Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (02/07/2024).

Kasal dalam amanatnya mengatakan “Saya sangat bangga, pekik kalian mencerminkan kekuatan, keberanian, dan kejujuran prajurit Jalasena Kolinlamil yang selalu siap mengabdi kepada nusa dan bangsa. Pada tanggal 1 Juli 1961 Kolinlamil terbentuk dengan nama Djawatan Angkutan Laut Militer, lahir dari pemikiran strategis para sesepuh TNI Angkatan Laut yang dapat memandang jauh ke depan akan pentingnya sistem angkutan laut ini. Sepanjang 63 tahun pengabdiannya Kolinlamil telah tumbuh menjadi pilar utama kekuatan maritim Indonesia mengemban tugas mulia yang diamanahkan oleh bangsa dan negara. Saat ini hadirnya Kolinlamil memiliki makna strategis tidak hanya sebagai komponen utama pertahanan negara melainkan juga sebagai pendukung utama program prioritas pemerintah dalam upaya penguatan konektivitas maritim, pembangunan dan pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan serta perlindungan dan pengamanan laut. Sebagai Komando Utama Operasi, Kolinlamil telah berhasil menyelenggarakan operasi angkutan laut militer (Anglamil) dengan baik, di sisi lain Kolinlamil sebagai pembina tunggal angkutan laut militer TNI serta angkutan laut nasional (Anglanas) secara optimal guna mendukung kepentingan pertahanan dan keamanan negara di laut”.

Selanjutnya Kasal menjelaskan “TNI Angkatan Laut saat ini tengah menyusun sejumlah dokumen strategis, baik rencana pembangunan kekuatan jangka panjang maupun jangka menengah. Kita telah meneguhkan visi pembangunan postur untuk terwujudnya TNI Angkatan Laut yang modern, berdaya getar kawasan, dan proyeksi global guna mendukung visi Indonesia Emas tahun 2045 sebagai negara nusantara yang berdaulat, maju dan berkesinambungan. Untuk mendukung visi tersebut pembangunan kekuatan Kolinlamil menjadi salah satu bagian penting dari arah pembangunan yang kita lakukan ke depan dan kita berkomitmen untuk terus menguatkan dan meningkatkan kapasitas Kolinlamil yang didukung oleh kesiapan operasional yang tinggi, baik dalam aspek kuantitas maupun kualitas personel, kesiapan kondisi teknis material maupun dukungan logistik. Hal ini penting untuk menjawab tantangan tugas masa depan yang semakin kompleks. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi tema yang diangkat pada peringatan HUT Kolinlamil tahun ini, yaitu Dengan Semangat Satya Wira Jala Dharma Kolinlamil Siap Mendukung Terwujudnya TNI Angkatan Laut yang PRIMA untuk Indonesia Maju”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar