bedah Keunggulan Samsung Galaxy S22 5G

Samsung mengambil pendekatan berbeda saat meluncurkan Samsung Galaxy S22 5G. Selain tidak menawarkan perombakan desain yang besar – besaran, Samsung juga menghadirkan Galaxy S22 mirip layaknya generasi sebelumnya.

Keputusan tersebut mengindikasikan bahwa perusahaan elektronik asal Korea Selatan itu mencurahkan tenaga tim risetnya untuk membenahi sektor yang lebih krusial, yakni performa dan kamera. Meskipun begitu, Galaxy S22 mengalami penyusutan ukuran yang membuatnya menjadi lebih ringkas.

Hal itu tentu saja menjadi kabar bagus bagi kalian yang sudah lama merindukan HP kencang berukuran wajar. Dalam hal ini, Samsung Galaxy S22 5G menjadi ponsel dengan bentuk termungil dari seluruh S22 Series. Meskipun memiliki ukuran lebih kecil, namun HP ini dipersenjatai dengan jeroan yang sama seperti pada S22+, terkecuali soal layar dan baterai.

Lantas, seberapa menarik kah HP satu ini? Yuk kita cari tahu jawabannya denga menyimak ulasan tentang keunggulan Samsung Galaxy S22 5G di bawah ini!

Desain

Samsung untuk Galaxy S22 tetap mempertahankan desain modul kamera contour-cut yang membuat penampilannya mirip dengan Galaxy S21. Meskipun demikian, Galaxy S22 kini hadir dengan karakter lebih tegas karena tepian penutup belakangnya rata, jadi selaras dengan layarnya.

Kemudian perubahan selanjutnya terletak pada ukuran sebagaimana sudah disinggung diatas. Jika dibandingkan dengan S21, Galaxy S22 lebih pendek, lebih ramping, dan lebih tipis. S22 pun lebih ringan. Sedangkan, dimensi terukurnya yaitu 146 x 70.6 x 7.6 mm dengan bobot hanya 167 gram.

Adanya pemangkasan ukuran tersebut tentu saja memberikan pengalaman genggam Samsung Galaxy S22 5G menjadi lebih nyaman.

Tampilan

Samsung Galaxy S22 5G menggunakan layar berukuran 6,1 inci. Ukuran diagonal tersebut turun 0,1 inci dibandingkan dengan Galaxy S21. Namun, teknologi panel yang digunakan masih tetap sama, yakni Dynamic AMOLED 2X. Begitupun dengan resolusinya, yakni tetap Full HD+ (1080 x 2340 piksel).

Kemudian soal sektor tampilan, ponsel ini memiliki kepadatan piksel 425 ppi dan diproteksi kaca Gorilla Glass Victus. Digunakan juga teknologi refresh rate hingga 120 Hz plus touch sampling rate 240 Hz.

Refresh rate tinggi akan memberikan pengalaman menyaksikan tampilan ponsel menjadi lebih mulus dalam hal apapun. Tapi sayang, refresh rate tinggi bisa bikin baterai ponsel menjadi boros. Untungnya, Samsung Galaxy S22 5G dilengkapi fitur adaptive refresh rate, yang membuat layar ponsel mampu secara otomatis menurunkan atau menaikkan refresh rate sesuai kegunaan.
Performa

Bersamaan dengan S22+ dan S22 Ultra, Samsung Galaxy S22 5GB menjadi smartphone resmi pertama di Indonesia yang menggunakan SOC Snapdragon 8 Gen 1. S22 juga menjadi HP Galaxy S Series kedua yang datang ke Indonesia dengan SoC besutan Qualcomm.

SoC Qualcoom diklaim mampu mengisi dapur pacu HP Samsung Galaxy S Series versi Indonesia yang terjadi pada tahun 2014. Pada waktu itu, Samsung Galaxy S5 ditenagai Snapdragon 801. Snapdragon 8 Gen 1 sendiri diklaim Qualcomm sudah mendapat peningkatan 20% kemampuan CPU dan 30% kemampuan GPU bila dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 888. Adanya klaim tersebut karena SoC Snapdragon 8 Gen 1 menggunakan arsitektur CPU, GPU, dan fabrikasi yang baru.
Kamera

Samsung Galaxy S22 5G hadir dengan spesifikasi kamera yang serupa dengan S22+. Samsung memberikan peningkatan pada kamera utama dan kamera tele. Selebihnya, kamera dari Galaxy S22 memiliki spesifikasi yang serupa dengan pendahulunya, yaitu S21.
Pada kamera utama, S22 diberi ukuran sensor yang lebih besar 23% daripada pendahulunya, yaitu 1/1,56 inci. Sensor tersebut mampu menghasilkan gambar dengan resolusi maksimal 50 MP yang bernama ISOCELL GN5.
Peningkatan ukuran sensor tersebut bertujuan agar kamera utama Galaxy S22 semakin sensitif dalam menangkap cahaya, terutama dalam kondisi low light dan malam hari. Adapun kamera utama ponsel ini memiliki bukaan f/1.8, focal length 23 mm, serta dilengkapi dengan OIS dan dual pixel PDAF.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar