Transformasi Layanan Wartel Solusi Terbaik Melepas Rindu Warga Binaan dan Keluarga
Jakarta – Layanan warung telepon (Wartel) khusus di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang masi menjadi sarana mengobati kerinduan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan keluarganya. Pelayanan wartel itu pun masih terus berjalan dengan baik, berkat dedikasi dan kepedulian Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali bersama jajaran tempat atau lokasi layanan wartel telah mengalami transformasi yang signifikan.
Saat ini, Minggu (21/7) pembangunan warung telepon (wartel) tengah berlangsung, pembangunnya ini tidak hanya mengutamakan aspek estetika dengan penggunaan gambar latar belakang pemandangan yang menenangkan, tetapi juga memperhatikan segala detail yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kepraktisan bagi warga binaan yang menggunakan layanan wartel tersebut.
Selain itu, Sukarno Ali bersama timnya tidak hanya memperbaiki infrastruktur fisik seperti perangkat dan jaringan komunikasi, tetapi juga mengimplementasikan sistem yang lebih efisien dan responsif. Langkah-langkah ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan telekomunikasi bagi narapidana, sehingga mereka dapat tetap terhubung dengan keluarga dan mendukung proses rehabilitasi mereka.
Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali juga mengatakan bahwa seluruh layanan di Rutan Cipinang tidak dipungut biaya apapun dan fasilitas wartel ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi warga binaan. “Fasilitas yang kami berikan ini kami berikan secara gratis. Maka dari itu, kami harap bagi pengguna fasilitas dapat menjaganya dengan baik,” ucapnya
Lebih lanjut, Sukarno Ali berharap dengan adanya layanan wartel ini dapat membantu warga binaan untuk melepas rindu dengan keluarga tercinta karena komunikasi dengan keluarga adalah salah satu kebutuhan penting bagi para warga binaan untuk menjaga hubungan mereka dengan keluarga serta mendukung proses rehabilitasi mereka.
Salah satu warga binaan, EL berterimakasih telah memperdulikan kami sebagai warga binaan dengan layanan video call yang disediakan Rutan Cipinang. “Alhamdulillah, keluarga saya jauh kalau untuk menjengkuk butuh waktu tetapi dengan adanya layanan video call ini saya bisa melepas rindu dengan keluarga di luar sana. Saya merasa puas. Terima kasih Rutan Cipinang yang sudah memberikan layanan yang baik,” ucapnya kepada tim Humas Ruci.
Red Irwan