Gelar Panen Raya, Dandim 0613/Ciamis Ajak Pemuda Jadi Petani Milenial.

Ciamis, MPN.

Dengan menggunakan topi caping dan membawa arit, Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono bersama unsur Forkopimda turun ke sawah melakukan panen raya padi di Kelurahan purwaharja Kota Banjar, Selasa (27/08).

Panen raya dilaksanakan di lahan Kelompok Tani Santana 2 Lingkungan Siluman Baru dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional.

Disampaikan Dandim 0613/Ciamis, panen raya ini menjadi Indeks Panen (IP) 2 dan akan dilanjutkan menanam kembali sehingga bisa mencapai Indeks Panen ke 3.

” Kehadiran unsur Forkopimda Kota Banjar diharapkan mampu meningkatkan motivasi petani untuk lebih semangat lagi dalam mewujudkan Indonesia di bidang swa sembada pangan,” ujar Letkol Inf Afiid Cahyono.

Seperti diketahui, kebutuhan pangan adalah kebutuhan dasar seiring dengan meningkatnya pertumbuhan manusia, dan tidak bisa dihentikan.

” TNI ikut terlibat dalam ketahanan pangan nasional karena banyak negara pengekspor beras yang membatasi diri, Indonesia memiliki daerah yang luas dan baik untuk meningkatkan swa sembada pangan,” ucap Dandim 0613/Ciamis.

Investasi pertanian kata Dandim sangat luar biasa, banyak yang beralih ke sektor pertanian yang menguntungkan seperti durian dan melon, sedangkan kita pertanian untuk kebutuhan pokok masih kurang.

Insha Allah tambah Dandim, setelah tanam ke 2 kita lanjut tanam ke 3, sementara masa tanam ke 4 kita akan upayakan bersama,” terima kasih kepada para Babinsa yang sudah berupaya keras meningkatkan indeks panen kita”.

Dandim juga mengajak generasi muda sebagai penerus bangsa untuk mau turun ke sawah bersama sama menjaga ketahanan pangan nasional yang mulai berkurang karena tidak banyak pemuda yang tertarik.

” Kita ingin menyentuh generasi muda untuk turun ke sawah menjadi petani milenial yang menggunakan ilmu pengetahuan untuk bisa meningkatkan produksi, mudah mudahan bisa kita tingkatkan lagi,” tutur Dandim 0613/Ciamis.

Rie.



Posting Terkait

Jangan Lewatkan