Harus Bersih Dan Produktif, Satgas Citarum Sektor 13 Berupaya Kembalikan Sungai Pada Fungsinya.

Purwakarta, MPN.

Menjadikan sungai kembali pada fungsinya sebagai sumber kehidupan terus dilakukan satgas Citarum sektor 13, salah satunya dengan membebaskan aliran sungai dari sampah.

Hari ini Sabtu (7/09), satgas sektor 13 melakukan karya bakti serentak di dua sub sektor yaitu Sub 01 dan Sub 05.

” Peran sungai sangat vital bagi siklus kehidupan manusia dan alam sekitar, sungai harus bersih dan produktif,” ujar Dansektor 13 Kolonel Arh Suroso.

Mengembalikan sungai pada fungsinya tambah Dansektor, dengan membebaskan kawasan sungai terbebas dari sampah serta bahan pencemar lainnya.

Menjalankan instruksi Dansektor 13, satgas Sub 01 dipimpin Serma Syarief melaksanakan pembersihan sungai Cicadas bersama masyarakat Kampung Cicadas Desa Cadasmekar Kecamatan Tegalwaru.

Sementara Dansub 05 Serka Agun memimpin pembersihan di sungai Ciseuti yang melintasi Kampung Sukamaju Desa Sukahaji.

Ditambahkan Dansektor 13, sungai harus bersih karena berfungsi sebagai sumber ketersediaan air bagi mahluk hidup, dan harus produktif sebagai sumber pengairan sawah dan perikanan milik warga.

Disampaikan Dansub 01, dilakukan penataan bantaran sungai ditambah dengan pembersihan sampah yang berada di permukaan aliran air.

Untuk Sub 05, Serka Agun menuturkan bahwa satgas selain menata bantaran dan pembersihan sampah juga dilakukan pengangkatan sedimentasi yang menghambat aliran air.

Rie.



Posting Terkait

Jangan Lewatkan