Agenda  Bimtek Kesbangpol Kota BekasiTahun 2024 Yang diikuti 200 Peserta dari Ormas dan LSM

MPN – Bandung – Jabar – Pemerintah Kota Bekasi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik pada Hari Rabu 25 – 27 September 2024 , telah melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek),yang bertempat di Hotel Grand Arjuna Jl.Ciumbuleuit No.152 Bandung bersama Organisasi Kemasyarakatan yang ada di kota Bekasi kurang lebih 200 ketua Organisasi masyarakat turut serta dalam agenda tahunan tersebut ,.(27/9/24).

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan, telah memberikan pengaturan tentang bagaimana penatakelolaan pelaporan Organisasi Kemasyarakatan. Hal ini berangkat dari ketentuan pasal 20 dan pasal 33 Peraturan Pemerintah nomor 58 tahun 2016 tentang Pelaksanaan Undang-Undang nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan yang mengurai pengaturan pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi Organisasi Kemasyarakatan.
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik sebagai perangkat Pemerintahan Daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan umum, diberikan tugas dalam melakukan pembinaan, pemberdayaan, dan pengawasan terhadap organisasi kemasyarkatan. hal ini bertujuan agar harmonisasi hubungan antara Pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatan dapat menciptakan suatu timbal balik yang positif dalam mencapai berbagai sasaran-sasaran pada program pembangunan pemerintah daerah.

Sebagai mitra strategis Pemerintah Daerah dalam pembangunan, diharapkan dapat menjadi motor penggerak bagi terlaksananya suasana kondusif pada pembangunan daerah, khususnya dalam menjaga keamanan, ketentraman, dan kedamaian. Undang-undang Ormas menegaskan bahwa Pemerintah Daerah agar melakukan Pemberdayaan Ormas. Pemberdayaan itu dapat dilakukan melalui penguatan kapasitas dan pengembangan kelembagaan, pendampingan, penguatan kepemimpinan, kaderisasi, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Badan Kesbangpol Kota Bekasi yang membidangi Pelayanan Organisasi Kemasyarakatan para ketua Organisasi ,para nara sumber dari Kasi Humas Polres Kota Bekasi, AKP Fuji Astuti,Danramil 0507/Bekasi, H, Sumardi, dari Densus 88, Letkol Didik, eks narapidana teroris,Ustadz Umar Khairi serta Kepala Kesbangpol Jawa Barat yang mewakili serta dari beberapa nara sumber yang hadir juga . Acara yang di buka langsung di hari pertama oleh kepala Kesbangpol kota Bekasi Nesan Sujana .

Pada saat Kepala Badan Bangsa dan politik membuka secara resmi kegiatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa “Bimbingan Teknis”
tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan peran serta kolaborasi dan menjalani tugas maupun fungsi ormas yang ada di Kota Bekasi. Supaya sesuai dengan ketentuan peraturan dan prosedur yang ada di Kota Bekasi. Berkenaan dengan ormas sudah ada standar operasional prosedur, keputusan Walikota, dan peraturan Walikota tentang pengawasan terpadu ormas.
“Kami berharap dengan adanya pemberitaan yang saat ini cukup mencuat, terkait dugaan lntoleransi kami memberikan pemahaman kepada ormas yang ada di Kota Bekasi untuk tidak terprovokasi, tidak ikut-ikutan, menjadikan kerukunan dan kedamaian yang ada di Kota Bekasi, yang menjadikan Kota Bekasi saat ini indeks Kota toleran nomor 2 di Indonesia, ” ujar Nessan.

Di tempat yang sama salah satu peserta yang ikut dalam agenda tersebut Gono Saputro, sekretaris DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kota Bekasi sangat mengapresiasi kepada pemerintah kota Bekasi melaluhi badan Kesbangpol bisa menyatukan kepada seluruh elemen ormas dan LSM bisa bergandeng tangan sesama organisasi dan LSM yang ada di kota Bekasi dengan membuat agenda Tahunan seperti yang sekarang ini di laksanakan di Hotel Grand Arjuna yang ada di Bandung Selama Tiga hari Dua malam ,.untuk itu kami bersama kawan kawan organisasi lain nya mengucapkan banyak terima kasih kepada narasumber yang telah memberikan bimbingan dan pemahaman terakait dengan kemsyarakatan ,setidaknya kami sedikit banyak bertambah ilmu untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari hari bersama sama masyarakat yang ada di kota Bekasi kususnya “,ucap Gono .

Lanjut Gono harapan kami dengan adanya agenda agenda seperti ini supaya organisasi dan LSM yang ada di kota Bekasi benar benar bisa berkolaborasi dan selalu bergandeng tangan dan kedepankan untuk selalu mempererat silaturhomi sesama Organisasi /LSM yang ada di kota Bekasi khususnya ,.
Dan kami dari salah satu peserta yang ikut agenda Bimtek Pendaftaran Ormas,Pemberdayaan ,Evaluasi dan Pengawasan Ormas Tahun 2024, mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan sambutan yang cukup baik dari panitia untuk para ketua organisasi /LSM yang hadir dalam agenda yang di adakan oleh Kesbangpol kota Bekasi ,tutupnya .

Gono)Yad



Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar