Bersihkan Tanaman Liar Dan Ranting Kering, Satgas Sektor 13 Singkirkan Penghambat Aliran Air.

Purwakarta, MPN.

Tumpukan ranting dan dahan pohon yang menumpuk serta tanaman liar yang tumbuh subur tidak terkendali di bantaran sungai bisa menghambat aliran air.

Setelah dilakukan patroli, akhirnya satgas Citarum sektor 13 sub 02 mengajak warga setempat untuk turun dan membersihkan aliran sungai di Kampung Legoksari Desa Legoksari Kecamatan Darangdan, Rabu 16 Oktober 2024.

Dituturkan Dansektor 13 Kolonel Arh Suroso, pengangkatan sampah, ranting dan dahan pohon serta pembersihan tanaman liar bertujuan agar sungai kembali kepada fungsinya.

” Sungai sebagai sumber pengairan bisa saja tidak berfungsi apabila terlalu banyak sampah dan ranting ditambah tanaman liar yang tumbuh sampai menutupi permukaan sungai,” ujar Dansektor.

Disamping itu kata Kolonel Kav Suroso, sungai tidak akan mampu menampung debit air ketika masuk musim penghujan, dan itu bisa menyebabkan banjir.

Sementara itu Dansub 02 Sertu Ade HB mengatakan, pembersihan sungai dan bantarannya menjadi kegiatan rutin satgas sektor 13.

” Setiap hari kami melakukan patroli sungai, apabila menemukan hambatan aliran serta adanya penumpukan sampah langsung kami turun dan membersihkan nya,” ucap Sertu Ade HB.

” Saat ini sungai dalam keadaan surut, jadi memudahkan kami membersihkan tanaman liar yang banyak tumbuh sepanjang bantaran,” terang Dansub 02.

Rie.



Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar