DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI PENYERAHAN PIAGAM PENGHARGAAN KEPADA TIM PEMBEBASAN PEMBAJAKAN MT PEMATANG

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri penyerahan piagam penghargaan kepada Tim Pembebasan MT Pematang oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dan dihadiri Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc. bertempat di Wisma Elang Laut (WEL) Jl. Diponegoro No. 48 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (01/10/2024).

Kasal dalam sambutannya mengatakan “Menjaga keamanan dan kedaulatan di wilayah perairan Indonesia merupakan salah satu tugas pokok TNI Angkatan Laut. Setiap personel TNI Angkatan Laut dituntut untuk memiliki kesigapan dan kesiapan tinggi guna melaksanakan operasi yang diperlukan sewaktu-waktu. Operasi pembebasan pembajakan MT Pematang yang terjadi pada tahun 2004 di Selat Malaka merupakan bukti nyata keberhasilan TNI Angkatan Laut dalam menjalankan tugasnya. Laksdya TNI (Purn) Achmad Taufiqurrahman, S.E. yang saat itu menjabat sebagai Komandan KRI Karel Satsuitubun (KST)-356 berhasil melaksanakan operasi pembebasan MT Pematang. Operasi ini juga menunjukkan pentingnya jiwa tempur yang tinggi pada setiap personel KRI”.

Selanjutnya Kasal menegaskan “Keberhasilan pembebasan pembajakan MT Pematang menjadi catatan prestasi yang membanggakan bagi TNI Angkatan Laut dan akan selalu terkenang sebagai inspirasi bagi generasi penerus. Kita dapat mengambil pelajaran berharga bahwa setiap komandan harus siap menghadapi segala kondisi, termasuk yang terburuk sekalipun serta pengambilan keputusan harus dilakukan dengan cepat, tepat dan cermat. Kepada Komandan KRI KST-356 dan seluruh personel yang terlibat dalam pembebasan pembajakan MT Pematang, saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi luar biasa yang telah diberikan kepada TNI Angkatan laut”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan



Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar